(: Welcome to Official Iladiena Zulfa Blog :)

0

Menimba Ilmu, Menuju UAS dan Meraih Prestasi

Posted by zulfailadiena.blogspot.com on 07.57 in
            UAS (Ujian Akhir Semester) adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh setiap sekolah pada tiap 6 bulan atau tiap akhir semester. Kegiatan ini dilakukan untuk menjadi tolak ukur prestasi akademik setiap siswa. Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat.
Panitia Ujian Sekolah telah mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan keperluan menghadapi UAS, seperti, penempatan kursi  (tempat peserta ujian), soal-soal ujian, jadwal UAS, kartu nomor peserta kelas X, XI, dan XII, dan  daftar pengawas ujian.
“Persiapan para siswa untuk menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester) tentunya jauh dari hari sebelumnya, pihak panitia juga telah mempersiapkan materi pelajaran yang akan diujikan, yaitu materi yang diserap selama menerima pembelajaran dari guru, hasil diskusi sesama teman (belajar bersama), dan hasil belajar sendiri serta masukan dan bimbingan dari orang tua. Efektivitas ketaatan terhadap belajar ini tidak hanya dilaksanakan dalam menghadapi ujian sekolah saja, namun harus dilakukan sepanjang waktu untuk setiap siswa.” Ujar Pak Agung Yudi Sartono, salah seorang panitia UAS MAN Serpong yang diwawancarai pada Jum’at  (30/11/12).
Disamping itu kebijakan sekolah yang berkaitan dengan administrasi keuangan yaitu,  Peserta ujian (siswa) harus telah melunasi SPP (Sumbangan Pendidikan Pembangunan) sampai bulan berjalan, daftar pengawas, maupun DSP (Dana Sumbangan Pembangunan) hal ini menjadi prasyarat untuk mengambil nomor ujian. Ketepatan maupun keterlambatan pembayaran SPP dan DSP para siswa/siswi bisa berpengaruh banyak terhadap keberlangsungan kegiatan pembelajaran sekolah, juga  keterlambatan pembayaran SPP/DSP   bisa menjadi kendala dalam pengambilan rapot dan ijazah dari sekolah.
Penggunaan tempat (ruang kelas) peserta ujian UAS berjumlah ada 12 ruangan, yang diperuntukkan untuk siswa kelas X, XI dan XII, dengan  penempatan siswa secara kombinasi di setiap ruangan, yaitu kombinasi antara peserta kelas X dengan XI, atau kelas XII dengan X. Hal ini untuk menghindari kerja sama dalam melaksanakan ujian para peserta ujian. Bagi peserta ujian (siswa) yang tidak memenuhi kebijakan sekolah yang telah ditentukan  akan diperlakukan khusus (tersendiri),  misalnya peserta ujian yang betul-betul keadaan sakit sehingga tidak bisa mengikuti ujian, maka diadakan ujian susulan dengan jadwal tersendiri dengan syarat adanya surat keterangan dari pihak dinas kesehatan (dokter). Kedua, bagi peserta ujian yang terlambat dan tidak memakai seragam sekolah, maka ditempatkan pada ruangan khusus dengan pengawasan tersendiri. Tentunya keterlambatan kehadiran peserta ujian dan peserta yang tidak menggunakan seragam sekolah harus mempunyai alasan yang obyektif dan bisa dipertanggung jawabkan terhadap kebijakan sekolah.





|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ILADIENA ZULFA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.