(: Welcome to Official Iladiena Zulfa Blog :)

0

Anak-anak dan Masanya.. Rumah Pintar Smarty

Posted by zulfailadiena.blogspot.com on 05.06 in
Menjadi guru. Ya, pekerjaan yang mulia itu sedang aku geluti sambil kuliah ini. Padahal sebenarnya, menjadi guru bukanlah cita-cita atau keinginanku. Aku sangat ingin menjadi Jurnalis, Jurnalis yang hebat yang berwawasan islami. 
Tetapi, ternyata menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Aku hanya mengajar anak-anak SD di lingkungan rumahku, dan jujur, aku merasa kesulitan ketika beberapa anak ada yang ngambek  atau sulit diatur. Guru yang profesional pasti tau cara menghadapi masalah semacam itu.  
Aku akui, menjadi guru itu hal yang luar biasa. Aku salut pada mereka (siapapun) yang bercita-cita menjadi guru sejak kecil, mencerdaskan anak-anak bangsa, dan memajukan kondisi IPTEK di negara kita, serta menyebarluaskan, membagi ilmu kepada mereka yang membutuhkan. 
Aku bersyukur, karena di rumahku terdapat tempat bimbel anak-anak.Aku juga dapat ikut mengajar mereka dan mengajak mereka bermain bersama. Pengalamanku, aku telah bisa mengajar murid kelas 1-5 SD, baik dalam pelajaran sekolah, maupun pelajaran mengaji. Aku senang bisa mengajar mereka. Selain menambah pengalaman, pengetahuan dan wawasankupun ikut bertambah, karena sebenarnya, banyak pelajaran SD yang sudah kulupa, tapi karena mengajar mereka, aku jadi ikut belajar lagi. Ternyata, itu hikmahnya, mengajar berarti tidak berhenti belajar :) 
Mengajar, belajar, bermain bersama, melihat mereka tertawa, aku selalu teringat masa kecilku dulu. Masa kecil dimana yang kutahu hanya belajar dan bermain. Tidak ada masalah yang runyam dan rumit seperti ketika ku beranjak dewasa seperti ini. Tapi sayanng, dunia anak-anak jaman sekarang berbeda dengan jamanku. Dulu, ketika kanak-kanak, aku dan teman-teman senang bermain permainan tradisional, seperti bermain congklak, bekel, taplak gunung, batu tujuh, karet tali, boneka, petak umpet, dan lain sebagainya. Tak dapat kupungkiri bahwa aku sangat merindukan masa kecilku. Andai aku punya kantong doraemon, aku akan masuk mesin waktu dan melihat masa kecilku dulu.. Jamanku kanak-kanak menyenangkan dan penuh keceriaan, aku yakin setiap anak merasakan hal yang sama seperti jaman sekarang. Tapi, ironisnya, anak jaman sekarang lebih senang bermain dengan gadgetnya daripada bermain dengan teman-temannya seperti yang kulakukan dulu bersama teman-temanku. Orang tua merekapun tak segan-segan untuk membelikan gadget mahal untuk anaknya. Padahal, menurutku, itu adalah hal yang tidak baik, karena dapat membuat anak jauh dari lingkungan, sulit untuk bergaul bersama teman-teman sebayanya. 
Aku bersyukur, masih ada tukang odong-odong yang sering lewat depan rumahku, dan memutarkan lagu-lagu anak-anak. Karena dialah orang yang telah melestarikan lagu anak-anak pada masa ini, dimana banyak anak yang lebih suka dengan lagu orang dewasa, lagu yang tidak sesuai dengan umurnya. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membimbing anaknya.. 

Kelas Mengaji - Iqro' B




|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ILADIENA ZULFA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.