(: Welcome to Official Iladiena Zulfa Blog :)

0

Rumah Pintar Smarty Cerdaskan Anak Bangsa

Posted by zulfailadiena.blogspot.com on 21.41 in , , , , , ,
Oleh Iladiena Zulfa (1113051000117)

Rumah Pintar Smarty merupakan lembaga pendidikan informal yang diperuntukkan bagi anak usia 4-12 tahun. Terletak di Jalan Surya Kencana Gang Kemuning 3 Pamulang Tangerang Selatan, lembaga ini dikhususkan bagi anak pra sejahtera atau kurang mampu yang berdomisili di wilayah Pamulang Barat. Berdiri berkat bantuan donatur, peserta didik tidak dikenakan biaya untuk belajar di Rumah Pintar Smarty, bahkan beberapa tutor yang mengajar pun pantas dikatakan sebagai relawan. Di lembaga ini, terdapat berbagai ketegori pendidikan mulai dari kelas Bimbingan Baca (Bimba) untuk usia 4-5 tahun, Bimbingan Belajar (Bimbel) kelas 1-6 SD dan kelas mengaji untuk usia 6-12 tahun. Selain mendapatkan pelajaran umum seperti di Sekolah, peserta didik Rumah Pintar Smarty juga diberikan pelajaran bercocok tanam dan membuat kerajinan dari barang bekas seperti koran, kardus, kaleng dan sebagainya.

Lokasi yang berdekatan dengan rumah para peserta didik Rumah Pintar Smarty membuat mereka kerap berkunjung ke tempat belajar hanya untuk sekadar membaca buku. Sampai saat ini, sudah lebih dari 50 buku menjadi inventaris lembaga ini. Jenis buku-buku tersebut seperti buku dongeng atau legenda Indonesia, buku pelajaran umum, buku keagamaan untuk anak, ensiklopedia anak dan sebagainya.

“Pelajaran yang diberikan kepada peserta didik Rumah Pintar Smarty tidak seperti yang diberikan guru di sekolah formal. Di lembaga ini, anak-anak diajarkan tentang keutamaan akhlak, kebiasaan berbicara di depan umum dan kebersihan lingkungan,” ujar Ratih Ganingrat, Pendiri Rumah Pintar Smarty. Menurut Ratih, untuk mencetak anak cerdas tidak hanya melalui sekolah atau pendidikan formal, melainkan harus langsung beradaptasi dengan lingkungan.

Tidak hanya itu, peserta didik di lembaga ini kerap diundang untuk tampil untuk melantunkan sholawat nabi di beberapa acara aqiqah. Sampai saat ini, mereka sudah tampil dalam acara aqiqah di daerah Rempoa, Bintaro, Cireundeu, dan di Reni Jaya Pamulang. Bahkan, murid kelas Bimba pernah menampilkan tarian kelinci dalam acara milad pertama Bank Sampah Melati Bersih Kemuning Pamulang pada tahun lalu. Walaupun merasa lelah karena harus berlatih selama beberapa hari sebelum tampil, mereka mengaku senang karena mendapatkan pengalaman baru. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan lembaga ini pun telah dipublikasikan melalui fanpage Rumah Pintar Smarty dan akun instagram @rumahpintarsmarty.

Hal bersifat non akademik yang dimiliki oleh peserta didik Rumah Pintar Smary membuktikan bahwa sebuah prestasi tidak hanya diukur oleh angka-angka yang tercatat di rapor sekolah. Dengan ini diharapkan, para orangtua murid tidak akan membebankan anak-anaknya dengan tuntutan nilai yang tinggi di sekolah.

Memasuki tahun ke-lima berdirinya Rumah Pintar Smarty, para tutor akan menggelar kegiatan study tour keliling Jakarta bertema “Jelajah Jakarta” pada Minggu (8/11). Dengan mengelilingi lima museum di Jakarta, dalam acara ini para peserta didik Rumah Pintar Smarty akan mempelajari secara langsung mengenai sejarah dan warisan bangsa Indonesia. Lima museum tersebut di antaranya, museum sejarah Kota Jakarta atau museum Fatahilah, museum wayang, museum keramik, museum tekstil dan museum nasional. Seluruh peserta Rumah Pintar Smarty yang mengikuti kegiatan itu, akan didampingi oleh para pengajar muda yang juga merupakan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, para peserta akan dibagi menjadi delapan kelompok berdasarkan kategori usia.

Demi terselenggaranya kegiatan tersebut, pihak Rumah Pintar Smarty menerima sumbangsih dari pihak mana pun yang ingin berkontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa. Sumbangsih dapat disalurkan melalu rekening BCA 6800-126-396 atas nama Ratih Ganingrat. Selain untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, Rumah Pintar Smarty juga menerima bantuan dalam bentuk apapun untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar yang beroperasi pada hari Senin-Jum’at pukul 08.00-17.00 WIB.

Tangerang Selatan, 8 Oktober 2015




|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ILADIENA ZULFA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.