(: Welcome to Official Iladiena Zulfa Blog :)

0

TEORI KEBUDAYAAN

Posted by zulfailadiena.blogspot.com on 23.53 in ,

Oleh: Tasman, M.Si.

Kebudayaan: Pengetahuan yang diciptakan oleh manusia melalui proses berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam rangka melanjutkan kehidupan (survive)

Membangun Rumah Makna
         Suatu kebudayaan merupakan sistem of meaning (sistem makna) jejaring makna yang terdapat pada pikiran dan tindakan
         Manusia sejak kecil hingga dewasa bekerja membangun jejaring makna dalam pikirannya (konsep) dan mewujudkannya dalam bentuk tindakan pribadi dan kelompok
         Bagaimana membangun jejaring makna secara pribadi dan berkelompok?
         Sistem makna mempunyai dua sisi; segi kognitif (sistem makna), aspek evaluatif (sistem nilai)

Wujud Kebudayaan
1.      Aspek kognitif
Dalam segi kognitif: yang didapati adalah suatu sistem kepercayaan, ide, gagasan atau pengetahuan, yang akan memungkinkan para penganut suatu kebudayaan dapat melihat dunianya, masyarakatnya dan bahkan dirinya sendiri.
Pada segi kognitif ini kebudayaan akan menentukan pandangan dunia (world view) sekelompok orang. Pada tingkat ini juga tiap kebudayaan selalu mengandung paham kosmologis tertentu, atau memberikan pedoman metafisika yang khas

2.      Aspek evaluatif
Pada pihak lainnya kebudayaan tidak hanya menonjolkan segi kognitif berupa pengetahuan dan kepercayaan, tetapi juga menonjolkan aspek evaluatif. Pada aspek evaluatif, dimana kebudayaan dan pengetahuan dan kepercayaan tertentu ditransformasikan menjadi nilai-nilai. Ia menjadi kesepakatan bersama (social contrak).
Oleh karena itu, setiap sistem budaya selalu menatapkan etos tertentu untuk pendukungnya., baik yang menyangkut nilai-nilai yang bersifat moral maupun nilai-nilai yang bersifat estetik. 

3.      Aspek simbolik
      Suatu pola makna-makna/konsep-konsep yang diwariskan secara historis yang terwujud dalam simbol-simbol, yang dengannya manusia berkomunikasi dan memperkembangkan kehidupan serta sikap-sikap terhadap kehidupan. 

Cara Kerja Sistem Makna
         Sistem makna akan menentukan orientasi sekelompok orang terhadap tempat hidupnya
         Sistem nilai akan menentukan sikap apa yang akan diambilnya terhadap tempat hidupnya yang ditanggapinya menurut sistem makna yang dianutnya
         Sistem simbol, yakni sistem makna dan sistem nilai dikomunikasikan menggunakan simbol-simbol.

Kebudayaan Sebagai Sistem Simbol
Baik kebudayaan sebagai sistem pengetahuan atau kepercayaan, maupun kebudayaan sebagai sistem nilai-nilai dikomunikasikan melalui sistem simbol.




|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ILADIENA ZULFA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.