(: Welcome to Official Iladiena Zulfa Blog :)

0

Perspektif Sistem Komunikasi: Makna Sistem Umum

Posted by zulfailadiena.blogspot.com on 09.09 in ,


Abstrak
Iladiena Zulfa (Jurnalistik 4B)
FDIKOM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fenomena sistem umum terdapat di mana saja dan diterapkan dengan banyak ragam sehingga istilah sistem memiliki banyak makna (multimakna). Sifat multimakna itu melahirkan juga banyak pengertian atau definisi terhadap sistem sehingga sistem dapat disebut bersifat multidimensi. Istilah sistem diserap dari kata system dalam Bahasa Inggris yang artinya cara atau metode. Dalam berbagai kamus, selain berarti cara atau metode, sistem dapat juga bermakna pola, rencana, skema, prosedur, susunan yang teratur, ideologi, wawasan, perspektif, teori atau asas. Selain itu sistem juga diartikan sebagai seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Sejumlah ilmuwan kemudian mengembangkan teori tentang sistem yang dikenal juga dengan sebutan teori sistem umum (general system teori).
Berdasarkan pernyataan di atas, maka muncul pertanyaan yaitu, bagaimana para ilmuwan mengkaji makna sistem umum yang bisa memiliki banyak makna? Selain itu bagaimana para ilmuwan mengaitkan pernyataan makna sistem umum ke dalam bidang komunikasi?
Kajian sistem ini mengaitkan sistem komunikasi dengan sistem sosial. Adanya tingkat abstraksi yang tinggi dari sistem umum telah melahirkan berbagai perspektif dan keanekaragaman dalam penerapannya, termasuk dalam bidang komunikasi.
Teori sistem umum itu bersifat multidisipliner dari asumsi konsep, dan prinsip-prinsip yang dapat menjadi kerangka umum bagi kajian berbagai jenis fenomena alam, fisika, dan biologi serta sosial, politik, ekonomi dan komunikasi. Selain istilah teori sistem, Bertalanffy (1968) juga menggunakan istilah perspektif sistem.
Karena makna sistem umum dapat menghasilkan makna yang berbeda-beda, penulis menyimpulkan bahwa metode yang digunakan para ilmuwan dalam mengkaji makna system umum adalah melalui tafsir perspektif sistem, yang merupakan seperangkat prinsip yang terorganisasikan secara longgar dan bersifat amat abstrak. Dalam teori sistem dijelaskan bahwa prinsip sebuah sistem ialah suatu totalitas atau keseluruhan dari sesuatu.
Sebuah sistem tentu memiliki unsur-unsur yang berbeda dengan fungsi yang berbeda. Meskipun memiliki fungsi yang berbeda, satu bagian dengan bagian lainnya tidak dapat dipisahkan, karena bagian-bagian itu saling berkaitan dan saling melengkapi. Mekanisme kerja itulah yang dapat disebut sistem. Pada hakikatnya sistem komunikasi adalah sistem sosial karena komunikasi tidak hanya teradi dalam sistem sosial, tetapi juga menentukan sifat dan eksistensi sistem sosial itu. Titik temu antara sistem komunikasi dengan sistem sosial terletak pada fungsi komunikasi sebagai perekat hidup bersama.  
Berdasarkan pemaparan sistem di atas dapat ditemukan titik penegasan yaitu “prinsip keseluruhan”. Para ilmuwan mengartikan sistem itu sebagai seperangkat objek yang ddisertai hubungan-hubungan antara objek-objek tersebut dan antara sifat-sifatnya. Istilah keseluruhan, berarti bahwa sistem itu tidak sama dengan penjumlahan objek atau semua komponen, yang secara bersama membentuk sistem yang bersangkutan. Seperti halnya keterkaitan sistem komunikasi yang tidak dapat dipisahkan dari kajian sistem sosial (saling berhubungan).

|

0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ILADIENA ZULFA All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.